00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Silvia - 12 November 2023

Bolehkah Makan Dimsum untuk Sarapan?

Dimsum, hidangan tradisional Asia yang kini telah merambah ke seluruh dunia, sering dianggap sebagai santapan lezat untuk waktu makan siang atau malam. Namun, seiring perubahan tren makanan dan preferensi individu, pertanyaan muncul: “Bolehkah makan dimsum untuk sarapan?” Dalam artikel ini, kita akan membahas keuntungan dan pertimbangan gizi saat mengonsumsi dimsum pada waktu sarapan, memberikan pandangan yang holistik untuk membantu kamu memilih menu makanan di pagi hari.

Bolehkah Makan Dimsum untuk Sarapan?

Dimsum: Sejuta Rasa dalam Sejumput Hidangan

Sebelum kita membahas apakah dimsum cocok untuk sarapan, mari kita memahami esensi dari hidangan yang satu ini. Dimsum, yang berasal dari Tiongkok, merupakan sekelompok hidangan kecil yang umumnya disajikan dalam keranjang bambu atau piring. Varian-varian dimsum meliputi siomay, bakpao, pangsit, hakau, dan berbagai jenis dumpling lainnya. Isian dimsum bisa beragam, mencakup daging ayam, udang, sayuran, daging sapi, atau campuran bahan-bahan lain yang diolah dengan berbagai teknik memasak.

Keunikan dimsum terletak pada cara penyajiannya yang kecil dan cocok untuk disantap bersama keluarga, teman atau orang tercinta, menciptakan pengalaman makan yang nikmat. Meskipun lebih sering diidentikan dengan makan siang atau makan malam, tidak ada aturan baku yang melarang untuk menikmati dimsum pada waktu sarapan.

Keuntungan Makan Dimsum untuk Sarapan

1. Ringan dan Mudah Disantap

Dimsum memiliki ukuran yang kecil dan cocok untuk disantap dalam sekejap. Hal ini memudahkan penyajian yang lebih praktis untuk sarapan, terutama bagi mereka yang memiliki waktu terbatas di pagi hari. Dibandingkan dengan sarapan berat, dimsum memberikan kenyang tanpa memberatkan perut.

2. Beragam Varian Rasa

Salah satu keuntungan utama makan dimsum di pagi hari adalah variasi rasa yang ditawarkannya. Dengan beragam jenis dumpling dan isian, kamu dapat menyesuaikan pilihan dimsum sesuai dengan selera dan keinginan ketika hendak sarapan.

3. Pilihan yang Sehat

Banyak varian dimsum yang diisi dengan bahan-bahan sehat seperti sayuran dan seafood. Siomay dengan isian udang dan sayuran, misalnya, memberikan nutrisi yang seimbang dan rendah kalori. Pilihan bahan-bahan sehat ini menjadikan dimsum sebagai opsi sarapan karena memiliki asupan gizi yang baik.

4. Waktu Penyajian Cepat

Proses memasak dimsum relatif cepat, dan beberapa varian bahkan bisa ditemukan dalam versi beku yang dapat disiapkan dengan mudah di rumah. Sehingga hal ini membuat dimsum menjadi pilihan sarapan yang cepat dan efisien, terutama bagi mereka yang memiliki rutinitas pagi yang sibuk.

5. Bisa Disantap Dingin atau Hangat

Dimsum dapat dinikmati dalam kondisi dingin atau hangat, memberikan fleksibilitas dalam cara kamu ingin menikmatinya di pagi hari. Selain itu, kamu dapat menyantapnya langsung setelah dimasak atau memanaskannya sejenak untuk pengalaman makan yang lebih hangat.

Baca Juga: Aneka Jenis Dimsum Seafood yang Wajib Dicoba

Pertimbangan Gizi dan Kesehatan

Selain keuntungan-keuntungan yang disebutkan diatas, ada beberapa pertimbangan gizi dan kesehatan yang perlu diperhatikan saat memilih dimsum sebagai sarapan:

1. Kandungan Kalori dan Lemak

Beberapa varian dimsum mungkin memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, terutama jika diisi dengan daging berlemak seperti sapi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jenis dimsum yang kamu pilih agar sesuai dengan kebutuhan kalori harian.

2. Kandungan Garam dan MSG

Beberapa restoran mungkin menggunakan jumlah garam atau monosodium glutamat (MSG) yang tinggi dalam pembuatan dimsum. Konsumsi garam berlebihan dapat berdampak buruk pada tekanan darah, sementara MSG dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Pilihlah dimsum yang disajikan dengan bumbu alami dan hindari memakan terlalu banyak yang telah diproses dengan bahan tambahan.

3. Kandungan Gula

Beberapa varian dimsum manis seperti bakpao isi kacang merah bisa mengandung gula yang cukup tinggi. Jika kamu memperhatikan asupan gula, sebaiknya pilih varian dimsum yang memiliki kandungan gula yang lebih rendah atau yang tidak diisi dengan pemanis tambahan.

4. Pilihan Isian yang Sehat

Untuk memaksimalkan keuntungan gizi, pilihlah varian dimsum dengan isian yang sehat, seperti siomay seafood, pangsit isi sayuran, atau hakau dengan daging ayam. Isian sehat dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh di pagi hari.

Baca Juga: Rekomendasi Dimsum Murah dan Enak untuk Keluarga

Ide Sarapan Dimsum yang Sehat

Jika kamu memutuskan untuk menyertakan dimsum dalam menu sarapan, berikut adalah beberapa ide untuk variasi sarapan yang sehat:

1. Siomay Seafood dengan Saus Kacang: Siomay dengan isian udang dan sayuran, disajikan dengan saus kacang rendah lemak, memberikan kombinasi protein dan serat yang baik untuk memulai hari.

2. Bakpao Isi Daging Ayam dan Jamur: Bakpao dengan isian daging ayam yang rendah lemak dan jamur memberikan kelezatan dengan kandungan gizi yang seimbang.

3. Pangsit Udang Jamur: Pangsit dengan isian udang dan jamur memberikan rasa gurih dan nikmat. Pangsit ini bisa dimasak dengan metode kukus atau direbus untuk opsi lebih sehat.

4. Hakau Ayam dan Sayuran: Hakau dengan isian ayam dan sayuran adalah pilihan sarapan yang rendah lemak dan tinggi protein. Sajikan dengan saus yang rendah garam untuk opsi yang lebih sehat.

5. Cakwe Isi Seafood: Cakwe dengan isian udang atau cumi memberikan tekstur kenyal dan rasa gurih. Pastikan untuk memilih cakwe yang digoreng dengan minyak yang sehat.

6. Dimsum Goreng Isi Sayuran: Dimsum goreng dengan isian sayuran adalah opsi sarapan yang lebih rendah kalori dan dapat memberikan energi yang stabil sepanjang pagi.

Tips untuk Menikmati Dimsum sebagai Sarapan

1. Pilih Restoran atau Penjual Terpercaya: Pilih tempat yang terpercaya dan bersih untuk memastikan keamanan dan kualitas dimsum yang kamu konsumsi.

2. Perhatikan Ukuran Porsi: Hindari makan berlebihan dengan memperhatikan ukuran porsi. Pilih variasi dimsum yang beragam untuk menciptakan sarapan yang seimbang.

3. Perhatikan Kandungan Garam dan Gula: Perhatikan kandungan garam dan gula dalam dimsum yang kamu pilih. Hindari varian yang terlalu tinggi dalam bahan tambahan ini.

4. Kombinasikan dengan Sayuran: Sertakan sayuran segar sebagai pelengkap sarapan dimsum untuk menambah serat dan nutrisi pada hidangan.

5. Pilihan Minuman yang Sehat: Hindari minuman bersoda atau beralkohol sebagai pendamping sarapan dimsum. Pilih air putih, teh herbal, atau jus buah segar sebagai minuman yang lebih sehat.

6. Variasi Menu: Cobalah berbagai varian dimsum agar tidak bosan dan untuk mendapatkan keuntungan gizi dari berbagai sumber.

Baca Juga: Dimsum Terenak: Cobain Berbagai Varian Menu Bolekaka Dimsum Murah Paling Enak

Kesimpulan

Bolehkah makan dimsum untuk sarapan? Jawabannya adalah bisa, dengan beberapa pertimbangan. Meskipun dimsum sering dianggap sebagai hidangan makan siang atau malam, tetapi variasi dimsum yang beragam dan isian yang sehat membuatnya cocok untuk disantap di pagi hari. Keuntungan dari dimsum yang ringan, mudah disantap, dan pilihan isian yang beragam membuatnya menjadi opsi sarapan yang menarik.

Namun, seperti halnya makanan lainnya, perlu ada keseimbangan dan pertimbangan gizi saat menyertakan dimsum dalam menu sarapan. Pilihlah varian dimsum dengan isian yang sehat, perhatikan kandungan garam, gula, dan lemak, serta pastikan untuk menyertakan sayuran sebagai pelengkap.

Dengan memperhatikan keberagaman, keseimbangan gizi, dan pilihan isian yang sehat, kamu dapat menikmati dimsum sebagai bagian dari sarapan yang nikmat dan memuaskan. Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

Kamu dapat mengunjungi outlet cabang bolekaka terdekat atau mau bergabung menjadi bagian bolekaka sebagai agen, member dan reseller hubungi team bolekaka dimsum melalui 0878-8788-2060 atau email bolekakadimsum@gmail.com untuk mendapatkan harga terbaik. Selamat menikmati kelezatan dimsum di pagi hari dan rasakan sensasi unik yang ditawarkan setiap gigitannya!

Posted in Kuliner
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.