00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Risma - 18 June 2024

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci keberhasilan hidangan dimsum yang lezat. Dengan beberapa langkah sederhana dan bahan yang tepat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan kualitas yang sama bahkan lebih baik dari yang ada di restoran. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menciptakan kulit dimsum yang sempurna:

Cara-Membuat-Kulit-Dimsum-Anti-Sobek-dan-Lentur-Bolekaka-12

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

250 gramTepung Terigu

100-200 ml Air

1 sdm Minyak Sayur

50 gram Tepung Tapioka

1 sdt Garam

Langkah-langkah Pembuatan :

1. Campurkan Tepung Terigu dan Tepung Tapioka

Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu dan tepung tapioka dalam perbandingan yang sesuai. Tepung tapioka biasanya ditambahkan sekitar 10-20% dari total tepung terigu yang digunakan. Pilih tepung terigu yang memiliki kandungan gluten tinggi, seperti tepung terigu protein tinggi atau tepung terigu serbaguna. Tepung tapioka membantu dalam membuatnya lebih elastis.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kulit Dimsum: Perbedaan Kulit Dimsum Gulung dan Kulit Dimsum Siap Pakai

2. Tambahkan Garam

Campurkan 1 sendok teh garam ke dalam campuran tepung. Garam tidak hanya untuk memberi rasa pada kulit dimsum tetapi juga membantu dalam meningkatkan elastisitasnya. Kamu juga bisa menambahkan sedikit kaldu bubuk atau penyedap rasa ke dalam campuran tepung.

3. Tuangkan Air Sedikit Demi Sedikit

Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk. Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak air sekaligus, karena ini dapat membuat adonan terlalu lembek. Aduk hingga adonan mulai terbentuk. Air dingin lebih cocok untuk kulit dimsum yang memerlukan elastisitas tinggi, seperti siomay atau pangsit. Sementara, air panas ideal untuk jenis dimsum yang memerlukan kulit tipis dan halus, seperti hakau atau dumpling transparan.

4. Tambahkan Minyak Sayur

Setelah adonan terbentuk, tambahkan sedikit minyak sayur. Minyak sayur akan membuat kulit dimsum lebih lembut dan lentur. Uleni adonan hingga minyak tercampur merata. Minyak sayur akan memberikan kelembutan dan kekenyalan pada kulit dimsum.

Baca Juga: Jenis Makanan Beku yang Wajib Ada di Freezer

5. Diamkan Adonan

Setelah diulenkan, tutup adonan dengan kain lembab atau bungkus dengan plastik wrap. Diamkan adonan selama 20-30 menit agar gluten dalam tepung bisa terbentuk dengan baik. Ini akan membuatnya lebih elastis dan mudah diolah.

6. Bagi Adonan Menjadi Bagian Kecil

Setelah adonan istirahat, bagi adonan menjadi bagian kecil sesuai dengan ukuran dimsum yang diinginkan. Bulatkan setiap bagian kecil menjadi bola kecil dan letakkan di atas permukaan yang telah ditabur tepung untuk mencegah lengket.

Baca Juga: Dimsum Enak di Jakarta, Bolekaka jadi Rekomendasi dari Food Blogger

7. Gilas Adonan Tipis-Tipis 

Gunakan rolling pin untuk menggiling setiap bola adonan menjadi lembaran tipis. Pastikan untuk tidak membuatnya terlalu tipis sehingga tidak mudah sobek saat diisi dan dikukus. Giling masing-masing bagian dengan rolling pin hingga tipis (sekitar 1-2 mm). 

8. Isi dan Bentuk Sesuai Selera 

Setelah lembaran adonan tipis terbentuk, potong adonan yang sudah digulung menjadi lingkaran-lingkaran kecil dengan diameter sekitar 8-10 cm. Gunakan cetakan atau mulut gelas untuk memotong kulit dimsum agar ukurannya seragam. Setelah itu, Tambahkan isian dimsum sesuai dengan selera Anda. Lipat dan bentuk sesuai dengan gaya dimsum yang diinginkan, seperti siomay, hakau, atau gulung.

9. Kukus dengan Api Sedang 

Letakkan dimsum yang telah dibentuk di atas alas yang dilapisi dengan daun pisang atau kertas kukus. Kukus dimsum dengan api sedang selama beberapa menit hingga matang. Jika kamu ingin menyimpannya, kamu bisa menambahkan sedikit tepung tapioka agar tidak saling menempel. Disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari es hingaa 1-2 hari.

Setelah dimsum matang, angkat dari kukusan dan hidangkan dengan saus atau sambal favoritmu. Nikmati kelezatan kulit dimsum yang lembut. 

Baca Juga: Jenis-jenis, Aneka Menu, dan Peluang Bisnis Dimsum Frozen

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu bisa membuat kulit dimsum sendiri di rumah dengan kualitas yang sama bahkan lebih baik dari yang ada di restoran. Kamu dapat membuat kulit dimsum yang lentur dan tidak mudah sobek. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membuat Dimsum Goreng yang Renyah di Luar dan Lembut di Dalam

Jika kamu ingin yang lebih praktis, kamu bisa membeli Dimsum Bolekaka Frozen dengan varian isi yang beragam. Ada dimsum udang, dimsum nori, dimsum ayam dan dimsumnya bisa kamu mix juga. Selain dimsum, banyak loh.. snack lainnya yang bisa kamu coba. 

Posted in Kuliner
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.