00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Silvia - 11 September 2023

Kandungan Gizi Dimsum: Menganalisis Komposisi Nutrisi dalam Dimsum

Dimsum, hidangan khas Tionghoa, telah menjadi favorit di seluruh dunia karena kelezatannya yang tak terbantahkan. Meskipun sering dianggap sebagai hidangan ringan atau cemilan, penting untuk memahami kandungan gizi dalam dimsum untuk membantu kita membuat pilihan makanan yang seimbang dan menyehatkan. Artikel ini akan menggali lebih dalam ke dalam kandungan gizi dimsum, menganalisis komposisi nutrisi dari berbagai jenis dimsum, dan memberikan wawasan tentang cara menikmati hidangan ini dengan baik.

Komposisi Nutrisi dalam Dimsum

1. Kalori

Dimsum dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan kalori harian. Jumlah kalori dalam dimsum tergantung pada jenisnya dan bahan isian yang digunakan. Misalnya, dimsum dengan daging berlemak atau digoreng biasanya mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan varian yang dikukus atau direbus.

2. Protein

Protein adalah komponen penting dalam dimsum, terutama karena kebanyakan dimsum berisi daging, seafood, atau bahan isian protein lainnya. Selain itu, protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, dan konsumsi yang cukup penting untuk menjaga kesehatan otot dan sistem tubuh lainnya.

3. Lemak

Lemak dalam dimsum dapat bervariasi tergantung pada jenis daging dan cara pengolahan. Meskipun beberapa lemak diperlukan oleh tubuh, perlu diingat bahwa konsumsi lemak yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, memilih varian dimsum dengan lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal atau lemak tak jenuh ganda dapat menjadi pilihan yang lebih bijak.

4. Karbohidrat

Karbohidrat dalam dimsum terutama berasal dari adonan kulit dan bahan tambahan seperti tepung dan sagu. Selain itu, karbohidrat memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh, tetapi perlu diingat bahwa konsumsi karbohidrat berlebihan juga dapat berdampak pada kesehatan.

5. Serat

Meskipun dimsum tidak dikenal sebagai sumber serat utama, beberapa jenis dimsum yang menggunakan sayuran sebagai isian dapat menyediakan sedikit serat. Serat penting untuk pencernaan yang sehat dan dapat membantu menjaga kenyang lebih lama.

6. Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral dalam dimsum dapat bervariasi tergantung pada bahan isian yang digunakan. Dimsum yang mengandung sayuran seperti bayam atau wortel dapat memberikan kontribusi pada asupan vitamin dan mineral tertentu seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium.

Baca Juga: Variasi Rasa Dimsum: Menciptakan Rasa Unik dengan Berbagai Bumbu dan Isian Dimsum

Jenis Dimsum dan Kandungan Gizi Masing-Masing

1. Siomay

Siomay adalah dimsum yang umumnya terdiri dari campuran daging ikan, udang, dan ayam yang dicincang halus. Kandungan gizi dalam siomay meliputi protein tinggi dari daging dan seafood, serta vitamin dan mineral dari sayuran yang mungkin digunakan sebagai pelengkap.

2. Baozi (Bakpao)

Baozi atau bakpao adalah bola adonan yang berisi berbagai isian seperti daging ayam, daging sapi, atau kacang merah. Kandungan gizi baozi bervariasi tergantung pada jenis isian, tetapi umumnya mengandung karbohidrat dari adonan, protein dari daging, dan beberapa vitamin dan mineral dari isian.

3. Har Gow

Har Gow adalah dumpling yang berisi udang cincang dan kadang-kadang daging sapi. Kandungan gizi har gow melibatkan protein tinggi dari udang dan daging, serta sejumlah vitamin dan mineral dari bahan isian.

4. Shumai (Siu Mai)

Shumai atau siu mai adalah dumpling yang berisi campuran daging sapi dan udang. Kandungan gizi shumai mencakup protein dari daging dan seafood, lemak, karbohidrat, dan beberapa vitamin dan mineral tergantung pada isian tambahan yang mungkin digunakan.

5. Xiao Long Bao

Xiao Long Bao adalah dumpling berisi kaldu dan daging yang diproduksi dengan kulit yang tipis. Kandungan gizi xiao long bao mencakup protein dari daging, lemak dari kaldu, dan karbohidrat dari adonan kulit.

Baca Juga: Restoran Dimsum: Cocok untuk Eksplorasi Kuliner Tionghoa yang Otentik

Cara Memilih dan Menikmati Dimsum dengan Bijak

1. Pilih Varian Dimsum yang Sehat

Untuk memilih dimsum yang lebih sehat, pertimbangkan untuk memilih varian yang dikukus atau direbus daripada yang digoreng. Dimsum dengan isian sayuran juga dapat menjadi pilihan yang lebih sehat.

2. Batasi Konsumsi Dimsum yang Digoreng

Dimsum yang digoreng cenderung mengandung lebih banyak lemak dan kalori. Jika kamu ingin menjaga asupan kalori dan lemak, batasi konsumsi dimsum yang digoreng dan lebih sering pilih yang dikukus atau direbus.

3. Perhatikan Isian dan Bumbu

Beberapa varian dimsum mengandung isian yang lebih berlemak atau bumbu dengan kadar garam yang tinggi. Perhatikan isian dan bumbu yang digunakan dan pilihlah varian yang lebih seimbang nutrisinya.

4. Seimbangkan dengan Sayuran

Mengombinasikan dimsum dengan sayuran segar dapat membantu menciptakan keseimbangan nutrisi dalam satu hidangan. Tambahkan salad atau sayuran kukus sebagai sajian pendamping.

5. Perhatikan Porsi

Mengontrol porsi adalah kunci untuk menikmati dimsum dengan bijak. Jangan berlebihan dalam makan dan hindari konsumsi yang berlebihan, terutama jika kamu peduli dengan asupan kalori.

Varian Dimsum Kesehatan dan Inovasi Nutrisi

1. Dimsum Kesehatan

Beberapa restoran dimsum modern menyadari kebutuhan konsumen akan hidangan yang lebih sehat. Sehingga restoran menciptakan varian dimsum kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan rendah lemak, gandum utuh, dan sayuran organik.

2. Dimsum Tanpa Gluten

Untuk mereka yang memiliki intoleransi gluten atau memilih gaya hidup bebas gluten, beberapa restoran juga menawarkan varian dimsum tanpa gluten dengan adonan yang terbuat dari tepung pengganti seperti tepung singkong atau tepung beras.

3. Dimsum Vegetarian atau Vegan

Dimsum vegetarian atau vegan menjadi pilihan yang populer di kalangan mereka yang mengikuti pola makan tanpa daging atau produk hewani. Varian ini menggunakan isian berbasis tumbuhan seperti tahu, tempe, atau sayuran.

Baca Juga: Tren Bisnis Kuliner: Menggali Peluang di Pasar Dimsum yang Berkembang

Kesimpulan

Meskipun dimsum sering dianggap sebagai hidangan cemilan atau ringan, penting untuk memperhatikan kandungan gizinya. Dengan memilih varian dimsum yang sehat, memperhatikan porsi, dan menambahkan sayuran sebagai pendamping, kamu dapat menikmati dimsum dengan bijak.

Selain itu, bijaksana untuk memasukkan berbagai jenis makanan dalam pola makan seimbang. Sementara dimsum dapat menjadi bagian yang lezat dari pengalaman kuliner, konsumsi secara berlebihan atau tidak seimbang mungkin dapat berdampak negatif pada kesehatan. Seimbangkan nikmati kelezatan dimsum dengan komitmen untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan gizi dalam pola makan secara keseluruhan.

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. Silahkan kunjungi outlet cabang bolekaka terdekat atau mau bergabung menjadi bagian bolekaka sebagai agen, member dan reseller hubungi team bolekaka dimsum melalui 0878-8788-2060 atau email bolekakadimsum@gmail.com untuk mendapatkan harga terbaik.

Posted in Kuliner
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.