00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Agus Aliwafa - 27 May 2024

Aneka Jenis Frozen Food yang Wajib Ada di Freezer

Freezer adalah salah satu alat yang sangat penting dalam dapur modern, terutama bagi mereka yang ingin menyimpan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama tanpa khawatir akan kerusakan. Salah satu jenis makanan yang paling sering disimpan di freezer adalah frozen food. Artikel ini akan mengulas berbagai jenis frozen food yang wajib ada di freezer, serta manfaat dan cara menyimpannya dengan benar.

Aneka Jenis Frozen Food yang Wajib Ada di Freezer

Apa itu Frozen Food?

Frozen food merujuk pada makanan yang telah diolah, diproses, dan kemudian dibekukan untuk memperpanjang umur simpannya. Beberapa makanan frozen food diproduksi secara massal, sementara yang lainnya dapat dibuat di rumah dan kemudian dibekukan untuk digunakan nanti. Berbagai jenis frozen food ini memiliki beragam cita rasa, kandungan nutrisi, dan cara penyajian.

Jenis-Jenis Frozen Food

1. Frozen Vegetables (Sayuran Beku)

Sayuran beku adalah salah satu jenis frozen food yang paling umum dan bermanfaat. Berbagai macam sayuran seperti brokoli, wortel, kacang polong, dan jagung biasanya dipotong, dicuci, dan kemudian dibekukan dalam kondisi yang segar. Sayuran beku sangat praktis untuk digunakan dalam berbagai hidangan, seperti tumisan, sup, atau salad.

2. Frozen Fruits (Buah Beku)

Buah beku adalah pilihan sehat untuk camilan atau tambahan dalam smoothie. Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, mangga, dan pisang seringkali dibekukan dalam keadaan segar, sehingga dapat dinikmati sepanjang tahun. Buah beku juga dapat digunakan dalam pembuatan kue, selai, atau es krim homemade.

3. Frozen Seafood (Seafood Beku)

Seafood beku, seperti ikan, udang, dan cumi-cumi, adalah pilihan yang populer bagi mereka yang menyukai hidangan laut. Seafood beku seringkali disajikan dalam berbagai varietas, mulai dari fillet ikan hingga udang yang sudah dikupas. Keunggulan seafood beku adalah ketersediaannya sepanjang tahun dan kenyamanan dalam penyimpanan dan penggunaannya.

4. Frozen Ready Meals (Makanan Siap Saji Beku)

Makanan siap saji beku adalah pilihan praktis untuk mereka yang sibuk atau tidak memiliki waktu untuk memasak. Berbagai macam hidangan seperti lasagna, pizza, pasta, dan kari seringkali tersedia dalam bentuk beku dan siap disajikan dalam hitungan menit. Makanan siap saji beku juga seringkali memiliki variasi diet, seperti vegetarian, rendah karbohidrat, atau bebas gluten.

5. Frozen Desserts (Makanan Penutup Beku)

Makanan penutup beku adalah penyelamat bagi mereka yang memiliki rasa manis. Es krim, pai buah, kue panggang, dan sereal es seringkali tersedia dalam bentuk beku dan dapat disimpan dalam freezer untuk dinikmati kapan pun Anda menginginkannya. Makanan penutup beku juga seringkali memiliki pilihan rendah lemak atau bebas gula untuk memenuhi berbagai preferensi diet.

Baca Juga: Cara Menyimpan Chili Oil Dimsum agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Manfaat Frozen Food

1. Kemudahan dan Kenyamanan

Salah satu manfaat utama dari frozen food adalah kemudahan dan kenyamanan dalam penyimpanan dan penggunaannya. Dengan memiliki berbagai jenis makanan yang dibekukan dalam freezer, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga dalam memasak dan menyajikan hidangan.

2. Umur Simpan yang Panjang

Frozen food memiliki umur simpan yang jauh lebih lama daripada makanan segar. Dengan memasukkan makanan ke dalam freezer pada suhu yang tepat, Anda dapat memperpanjang umur simpannya hingga beberapa bulan atau bahkan lebih lama, tanpa khawatir akan kerusakan atau pembusukan.

3. Ketersediaan Sepanjang Tahun

Dengan memiliki berbagai jenis frozen food dalam freezer, Anda dapat menikmati berbagai macam makanan sepanjang tahun, bahkan di musim di mana beberapa bahan makanan tidak tersedia segar. Ini memberi fleksibilitas dalam menyajikan hidangan yang diinginkan kapan pun Anda mau.

Baca Juga: Varian Saus Dimsum yang Wajib Dicoba untuk Pecinta Kuliner

Cara Menyimpan Frozen Food dengan Benar

1. Pastikan Freezer dalam Kondisi Optimal

Sebelum menyimpan frozen food dalam freezer, pastikan bahwa suhu freezer sudah teratur dan optimal, yaitu sekitar -18°C. Suhu yang tepat akan membantu menjaga kualitas dan kesegaran makanan yang dibekukan.

2. Gunakan Wadah atau Kantong Khusus

Ketika menyimpan frozen food dalam freezer, pastikan untuk menggunakan wadah atau kantong khusus yang dirancang untuk penggunaan freezer. Wadah atau kantong ini akan membantu melindungi makanan dari pembekuan berlebihan dan mencegah kehilangan kualitas.

3. Label dan Tanggal

Untuk membantu memudahkan identifikasi dan penggunaan, pastikan untuk memberi label pada setiap wadah atau kantong yang berisi frozen food. Juga, tambahkan tanggal pembekuan untuk memantau umur simpan makanan.

4. Hindari Pembekuan Berulang

Hindari melakukan pembekuan berulang terhadap makanan yang telah dibekukan. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kandungan nutrisi makanan.

Baca Juga: Bolekaka Dimsum Enak di Bogor dengan Cita Rasa Lokal

Kesimpulan

Memiliki berbagai jenis frozen food di freezer adalah pilihan cerdas untuk memastikan ketersediaan makanan yang lezat dan bergizi setiap saat. Dengan beragam pilihan yang tersedia, Anda dapat menemukan frozen food yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Dengan cara menyimpan yang baik, Anda dapat memastikan kualitas dan kesegaran frozen food untuk dinikmati kapan pun menginginkannya. Jadi, jangan ragu untuk menyimpan berbagai jenis frozen food yang wajib ada di freezer untuk memudahkan dalam menyediakan makanan sehari-hari.

Kamu dapat mengunjungi outlet cabang bolekaka terdekat atau mau bergabung menjadi bagian bolekaka sebagai agen, member dan reseller hubungi team bolekaka dimsum melalui 0878-8788-2060 atau email bolekakadimsum@gmail.com untuk mendapatkan harga terbaik.

Posted in Kuliner
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.