00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Silvia - 25 August 2023

Panduan Lengkap Cara Mengukus Dimsum Frozen di Rumah

Dimsum, hidangan lezat asal Tiongkok, telah menjadi favorit di seluruh dunia. Dengan kemudahan dan kepraktisan frozen dimsum, kini kita dapat menikmati kelezatan hidangan ini langsung di rumah. Mengukus dimsum frozen mungkin terdengar sederhana, tetapi beberapa langkah dan tips dapat membantu kamu mencapai hasil yang maksimal. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengukus dimsum frozen di rumah, mulai dari persiapan hingga penyajian.

Pentingnya Mengukus Dimsum dengan Benar

Mengukus dimsum adalah salah satu cara tradisional yang paling umum digunakan untuk memasak hidangan ini. Metode ini memungkinkan panas uap merata melalui dimsum, memastikan bahwa isian matang secara merata, dan kulit dimsum tetap kenyal. Selain itu, mengukus adalah cara yang lebih sehat karena tidak memerlukan minyak tambahan.

Peralatan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses mengukus dimsum frozen di rumah, pastikan kamu memiliki peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa peralatan yang akan diperlukan:

1. Alat Pengukus

Kamu dapat menggunakan alat pengukus tradisional yang terbuat dari bambu atau alat pengukus modern yang terbuat dari stainless steel. Pastikan alat pengukus tersebut sesuai dengan jumlah dimsum yang telah disiapkan.

2. Wadah Pengukus atau Kertas Steaming

Untuk mencegah dimsum menempel pada alas pengukus, kamu dapat menggunakan daun pisang, kertas steaming, atau alas dari bahan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan sedikit margarin agar dimsum mudah diangkat dan tidak lengket dipengukus.

3. Penutup Pengukus

Memiliki penutup pengukus membantu menjaga panas dan mempercepat proses pemasakan. Jika alat pengukus tidak dilengkapi dengan penutup, kamu dapat menggunakan kain bersih sebagai gantinya.

4. Saringan atau Kain Bersih

Pastikan alat pengukus yang digunakan memiliki saringan atau kain bersih untuk melapisi alas pengukus dan mencegah dimsum menempel. Hal ini sangat penting untuk memudahkan kamu ketika hendak mentiriskan dimsum yang masih panas untuk dihidangkan.

Baca Juga: Aneka Dimsum Bolekaka: Macam-Macam Dimsum Terenak yang Wajib Dicoba

Langkah Mengukus Dimsum Frozen

1. Pilih Jenis Dimsum yang Akan Dimasak: Pertama-tama, pilih jenis dimsum yang akan kamu masak. Banyaknya variasi dimsum di pasaran memungkinkan untuk menyesuaikan selera dan preferensimu.

2. Persiapkan Alat Pengukus: Pastikan alat pengukus bersih dan siap untuk digunakan. Jika menggunakan alat pengukus bambu, pastikan batang bambu dan sisi pengukus tidak terlalu kering. Sebelum dimulai, rendam batang bambu dalam air untuk mencegahnya pecah dan memastikan panas uap merata.

3. Letakkan Wadah atau Kertas Steaming: Siapkan wadah atau kertas steaming di atas pengukus. Pastikan lubang-lubang pada alas pengukus dapat memungkinkan uap melewati.

4. Susun Dimsum dengan Jarak yang Cukup: Susun dimsum secara rapi di atas wadah atau kertas steaming, pastikan memberi jarak yang cukup antara satu dengan yang lain agar uap dapat mengelilingi setiap dimsum dengan baik. Pastikan juga tidak ada yang saling menumpuk.

5. Panaskan Air dalam Wadah Pengukus: Tuangkan air secukupnya ke dalam wadah pengukus, pastikan air tidak menyentuh dasar dimsum. Jumlah air yang dibutuhkan akan bergantung pada jenis alat pengukus yang digunakan.

6. Panaskan Pengukus: Panaskan pengukus dengan menutupnya dan membiarkan air mendidih. Hal ini memastikan bahwa uap yang dihasilkan cukup untuk memasak dimsum.

7. Ukuran Waktu Pengukusan: Waktu pengukusan bervariasi tergantung pada jenis dimsum dan apakah dimsum tersebut beku atau tidak. Sebagai panduan umum, dimsum beku mungkin memerlukan waktu pengukusan yang sedikit lebih lama daripada yang segar. Cek petunjuk pada kemasan atau ikuti panduan berikut:

Siomay: Sekitar 15-20 menit.

Har Gow: Sekitar 12-15 menit.

Shumai: Sekitar 12-15 menit.

Baozi: Sekitar 15-20 menit.

Xiao Long Bao: Sekitar 12-15 menit.

8. Periksa Kematangan: Setelah waktu pengukusan berlalu, periksa kematangan dimsum dengan cara menusuknya menggunakan tusuk gigi atau ujung pisau. Jika tusuk gigi keluar bersih dan isian matang, dimsum sudah siap.

9. Angkat dan Dinginkan Sebentar: Angkat dimsum dari pengukus dan biarkan sejenak untuk mendingin sebentar sebelum disajikan. Hal ini membantu mengurangi risiko cedera akibat panas.

Tips Tambahan untuk Mengukus Dimsum yang Lezat

1. Jangan Overcrowd Pengukus: Pastikan tidak mengisi pengukus terlalu penuh. Memberikan cukup ruang antara satu dimsum dengan yang lain memastikan bahwa uap dapat mengelilingi setiap dimsum dengan baik.

2. Jangan Terlalu Banyak Air: Jika terlalu banyak air dituangkan ke dalam wadah pengukus, risiko air menyentuh dimsum dapat meningkat. Pastikan bahwa air tidak menyentuh dasar dimsum untuk menghindari efek pemasakan yang tidak merata.

3. Cek Kematangan Sesuai Jenis Dimsum: Waktu pengukusan dapat bervariasi tergantung pada jenis dimsum yang kamu masak. Periksa petunjuk pada kemasan atau ikuti panduan umum untuk setiap jenis dimsum.

4. Bersihkan Alat Pengukus Setelah Penggunaan: Setelah selesai mengukus, bersihkan alat pengukus dengan seksama untuk mencegah penumpukan residu dan memastikan kebersihan untuk penggunaan berikutnya.

Baca Juga: Frozen Dimsum: Kenikmatan Kuliner Siap Saji dari Lemari Es

Penyajian Dimsum yang Sempurna

Setelah dimsum selesai diukus, saatnya untuk menyajikannya. Berikut beberapa tips untuk penyajian yang sempurna:

1. Siapkan Saus Favorit: Persiapkan saus-saus favoritmu sebelumnya, seperti saus kacang, saus pedas, atau kecap manis.

2. Susun dengan Rapi: Letakkan dimsum yang sudah matang di atas piring dengan susunan yang rapi. Penyusunan yang indah dapat meningkatkan pengalaman menyantap.

3. Hias dengan Bahan Tambahan: Hiasi piring dimsum dengan bahan tambahan seperti irisan bawang hijau atau wijen untuk memberikan sentuhan visual dan cita rasa tambahan.

4. Sajikan dalam Wadah yang Menarik: Jika memungkinkan, sajikan dimsum dalam wadah atau piring yang menarik untuk menambah daya tarik visual.

5. Nikmati Bersama Teh atau Minuman Favorit: Dimsum sering disajikan bersama teh dalam tradisi Tionghoa. Nikmati dimsum dengan teh atau minuman favorit Anda untuk pengalaman yang lengkap.

6. Santap dengan Hati-Hati: Dimsum seringkali disantap dengan menggunakan sumpit. Jika kamu belum terbiasa dengan sumpit, gunakan sendok dan garpu untuk kenyamanan.

Inovasi Dalam Mengukus Dimsum Frozen

1. Dimsum Fusion: Coba berkreasi dengan variasi dimsum fusion. Gabungkan elemen dari berbagai masakan untuk menciptakan dimsum dengan rasa yang unik.

2. Dimsum Sehat: Jika kamu peduli dengan kesehatan, pertimbangkan untuk membuat atau memilih dimsum yang lebih sehat, seperti dimsum vegetarian atau menggunakan bahan-bahan organik.

3. Cara Penyajian yang Kreatif: Bukan hanya soal rasa, tetapi juga tata cara penyajian yang kreatif. Susun dimsum menjadi bentuk tertentu atau tata letak yang menarik untuk menciptakan presentasi yang menggugah selera.

4. Ekspresi Kreatif dalam Saus: Ciptakan saus-saus kreatif sebagai pendamping dimsum. Saus buatan sendiri dengan kombinasi rasa yang unik dapat menambahkan dimensi baru pada hidangan ini.

Baca Juga: Asal Usul dan Sejarah Dimsum Sebagai Jembatan Budaya

Kesimpulan

Mengukus dimsum frozen di rumah adalah cara yang mudah untuk menikmati hidangan lezat ini dengan kualitas restoran. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Kamu dapat menciptakan pengalaman kuliner yang autentik dan memuaskan di kenyamanan rumah Kamu sendiri.

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. Silahkan kunjungi outlet cabang bolekaka terdekat atau mau bergabung menjadi bagian bolekaka sebagai agen, member dan reseller hubungi team bolekaka dimsum melalui 0878-8788-2060 atau email bolekakadimsum@gmail.com untuk mendapatkan harga terbaik.

Posted in Tips
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.