00%

No products in the cart.

Hubungi Kami!

Instagram


Artikel Terbaru

Cara Membuat Kulit Dimsum Anti Sobek dan Lentur

Kulit dimsum yang lembut, anti sobek, dan lentur merupakan kunci.. Read more

Menelusuri Sejarah Frozen Food: Dari Penemuan Hingga Menjadi Industri Global

Frozen food, atau makanan beku, telah menjadi bagian tak terpisahkan.. Read more

Dimsum Bolekaka: Toko Frozen Food Terdekat di Sekitar Kamu

Dimsum merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Kini,.. Read more

No products in the cart.

Risma - 15 September 2023

Dimsum Goreng vs Dimsum Kukus: Mana yang Lebih Enak?

Dimsum merupakan hidangan khas Tionghoa yang lezat dan beraneka ragam menjadi makanan favorit di seluruh dunia. Saat berbicara tentang dimsum, seringkali kita dihadapkan pada pertanyaan yang menarik: apakah dimsum lebih enak saat digoreng atau dikukus? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara dimsum goreng dan dimsum kukus, serta merinci keunikan dan kelezatan masing-masing.

Dimsum-Goreng-vs-Dimsum-Kukus-Perbandingan-Metode-Memasaknya-Bolekaka-2

Dimsum Goreng: Kelezatan yang Gurih dan Renyah

Dimsum goreng, atau yang sering dikenal sebagai fried dimsum, menawarkan keunikan tersendiri dalam pengolahan dan rasa. Proses penggorengan memberikan dimsum lapisan luar yang garing dan renyah, menciptakan kontras yang menarik dengan isian lembut di dalamnya. Berikut adalah beberapa aspek utama dimsum goreng yang perlu kamu ketahui:

1. Proses Pengolahan

Dimsum goreng melibatkan proses penggorengan menggunakan minyak panas. Kulit dimsum yang sudah terisi isian akan digoreng hingga warna keemasan yang menarik dan kriuk di luar.

2. Tekstur Khas

Keistimewaan dimsum goreng terletak pada tekstur kulit yang kriuk dan gurih. Ketika digigit, dimsum goreng memberikan sensasi renyah yang memuaskan.

3. Varian Isian yang Cocok

Beberapa jenis isian dimsum lebih cocok untuk digoreng, seperti dimsum udang, dimsum ayam, atau dimsum jamur. Isian-isian ini dapat lebih menonjolkan kelezatan saat dimsum digoreng.

4. Ketahanan terhadap Waktu

Dimsum goreng cenderung lebih tahan lama dalam hal kelembutan dan kecrispyannya. Meskipun dibiarkan selama beberapa saat setelah digoreng, tekstur luar tetap dapat dinikmati.

5. Kombinasi dengan Saus Gurih

Dimsum goreng sering disajikan dengan saus gurih, seperti saus plum atau saus manis pedas, untuk memberikan tambahan rasa yang memikat.

Baca Juga: Variasi Dimsum Seafood: Menggunakan Berbagai Jenis Makanan Laut dalam Dimsum

Dimsum Kukus: Kelembutan dan Kesegaran Aroma Tionghoa

Sementara dimsum goreng menawarkan kelezatan gurih dan renyah, dimsum kukus memiliki daya tariknya sendiri yang bersumber dari proses pengukusan. Dimsum kukus menyuguhkan kelembutan tekstur kulit dan kesegaran aroma Tionghoa yang khas. Berikut adalah beberapa aspek utama dimsum kukus yang perlu dijelajahi:

1. Proses Pengolahan

Dimsum kukus melibatkan proses pengukusan, di mana dimsum diletakkan di dalam kukusan dan dipaparkan oleh uap panas. Proses ini menjaga kelembutan kulit dan menjadikan dimsum kukus pilihan yang lebih sehat.

2. Tekstur yang Lembut

Kulit dimsum kukus memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Kelembutan ini menciptakan sensasi yang berbeda saat dimsum dikonsumsi.

3. Varian Isian yang Ideal

Dimsum kukus lebih cocok untuk isian yang lebih halus dan lembut, seperti dimsum siomay, xiao long bao, atau shumai. Isian-isian ini dapat terasa lebih lembut dan mendalam saat dimsum dikukus.

4. Ketahanan Terbatas

Dimsum kukus memiliki ketahanan terbatas dalam hal kelembutan dan kesegaran tekstur. Sebaiknya dimakan segera setelah diukus untuk mendapatkan pengalaman terbaik.

5. Pemilihan Saus yang Mendukung

Dimsum kukus biasanya disajikan dengan saus yang lebih ringan, seperti kecap asin, saus cabai, atau saus jahe. Saus-saus ini memberikan sentuhan rasa yang sesuai dengan karakter lembut dimsum kukus.

Baca Juga: Resep Dimsum Tradisional: Langkah-langkah Membuat Dimsum Ayam atau Udang dari Awal

Mana Pilihan yang Sesuai

1. Pilihan Rasa

Pilihan antara dimsum goreng dan dimsum kukus sering kali tergantung pada pilihan pribadi dalam hal rasa. Jika kamu menginginkan kelezatan gurih dan renyah, dimsum goreng mungkin lebih cocok. Namun, jika kelembutan mencari kelembutan dan ciri khas rasanya, dimsum kukus dapat menjadi pilihan yang tepat.

2. Konteks Makanan

Konteks makanan juga dapat memengaruhi pilihan antara dimsum goreng dan dimsum kukus. Saat makan beramai-ramai bareng keluarga ataupun sahabat di restoran, seringkali disajikan berbagai jenis dimsum dalam satu hidangan, mencakup baik yang digoreng maupun yang dikukus.

3. Keinginan untuk Kesehatan

Jika kesehatan menjadi pertimbangan kamu dalam memilih jenis dimsum yang akan dikonsumsi, dimsum kukus menjadi pilihan yang tepat dan sehat karena proses pengolahannya yang menggunakan uap panas tanpa minyak.

4. Eksplorasi Varian

Mencoba kelezatan dimsum dapat menjadi pengalaman yang lebih kaya dengan mencoba berbagai varian, termasuk kedua jenis tersebut. Hal ini memungkinkan kamu menemukan preferensi sendiri dan memahami perbedaan yang disajikan oleh masing-masing varian.

Keunikan Dimsum yang Menyatukan Kedua Varian

Walaupun dimsum goreng dan dimsum kukus memiliki keunikan masing-masing, kedua varian ini memiliki ciri khas yang menjadi daya tarik utama hidangan ini di seluruh dunia. Beberapa keunikan tersebut melibatkan:

1. Variasi Isian

Dunia dimsum telah berkembang dengan kreativitas dalam menciptakan berbagai isian, termasuk yang cocok untuk digoreng dan dikukus. Kombinasi isian daging, udang, sayuran, dan rempah-rempah menciptakan dimsum dengan kekayaan rasa yang luar biasa dan keunikannya.

2. Bentuk Tampilan

Baik dimsum goreng maupun dimsum kukus memiliki daya tarik karena keestetikan yang berbeda. Kulit yang tipis, lipatan yang rapi, dan penyajian yang apik membuat dimsum menjadi hidangan yang menggoda mata sebelum dinikmati.

3. Saus Pendamping

Saus-saus pendamping, seperti saus plum, kecap asin, atau saus cabai, memberikan sensasi rasa yang berbeda pada kedua jenis dimsum. Kombinasi saus yang tepat dapat meningkatkan gairah dan selera makan.

4. Keberagaman Budaya

Dimsum adalah bagian penting dari keberagaman budaya Tionghoa, dan variasi dalam cara penyajian, bahan isian, dan cara pengolahan mencerminkan keragaman kuliner yang kaya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kulit Dimsum: Perbedaan Kulit Dimsum Gulung dan Kulit Dimsum Siap Pakai

Kesimpulan

Dalam memilih antara dimsum goreng dan dimsum kukus, tidak ada jawaban yang benar atau salah. Kelezatan dimsum sangat tergantung pada selera pribadi, konteks makanan, dan preferensi rasa individu. Menyatukan kedua varian dimsum dalam satu hidangan bisa menjadi cara terbaik untuk mengeksplorasi kekayaan rasa dan tekstur yang ditawarkan oleh keduanya.

Jadi, apakah dimsum goreng lebih enak atau dimsum kukus yang menjadi favoritmu? Sebaiknya, nikmatilah keduanya! Makanan yang lezat selalu menjadi penambah selera makan ketika kita bersedia membuka diri terhadap keberagaman dan mencoba segala sesuatu yang ditawarkan dunia kuliner. Sajikan dimsum di meja makan, baik yang digoreng maupun yang dikukus, dan nikmati kelezatan hidangan Tionghoa yang klasik ini.

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. Silahkan kunjungi outlet cabang bolekaka terdekat atau mau bergabung menjadi bagian bolekaka sebagai agen, member dan reseller hubungi team bolekaka dimsum melalui 0878-8788-2060 atau email bolekakadimsum@gmail.com untuk mendapatkan harga terbaik.

Posted in Bisnis
Previous
All posts
Next

Pusat Dimsum No. 1 di Indonesia

Bolekaka telah menjadi salah satu destinasi kuliner populer bagi mereka yang ingin menikmati dimsum berkualitas. 

© 2024 Copyright Bolekaka Dimsum. All Rights Reserved.